Jumat, 06 Januari 2012

#MM4 Donat Kentang



#MM4 atau makanmasakanku yang keempat ini punya tema donat kentang..
Pembuatan donat kentang ini sam
a seperti pembuatan roti, butuh tenaga ekstra kalau nguleni adonan manual alias pake otot..
Kali ini saya mencoba resep donat kentang dari ncc. Satu resep ini jadinya lumayan banyak sekitar 50an donat ukuran sedang dengan kata lain juga butuh tenaga yang luayan lama untuk nguleninnya.
Berikut ini saya share resep yang saya pakai..

Donat Kentang
Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi (adanya tepung protein sedang)
50 gr susu bubuk (kebetulan ga punya susu bu

buk jadinya diskip)
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang. ( karna pake cetakan jadinya adoanan digiling pakai rolling pin terus dicetak)
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. ( saya pakai cetakan donat sedang)
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat. (saya cuma taburi gula donat aja)















selamat menikmati...

Tidak ada komentar: